BREAKING NEWS

Rabu, 28 September 2022

Dokumen yang Harus Dilengkapi Ketika Ingin Melamar Kerja

 

Untuk meningkatkan peluang anda mendapatkan pekerjaan, anda memerlukan strategi aplikasi khusus. Menulis surat lamaran saja tidak cukup, anda juga harus melampirkan dokumen penting lainnya. 

Kelengkapan dokumen merupakan faktor kunci dalam menentukan apakah pelamar akan diterima atau tidak. Pelamar sering tidak maju ke tahap seleksi karyawan berikutnya karena berkas administrasi yang tidak lengkap. Jadi sebelum mengisi beberapa dokumen yang dijelaskan dalam artikel ini, pastikan anda tidak terburu-buru untuk melamar pekerjaan.

Berkas yang Harus Dipersiapkan untuk Melamar Pekerjaan

1. Surat Lamaran Kerja 

Salah satu hal terpenting ketika anda ingin melamar pekerjaan adalah menulis surat lamaran. Fungsi utama surat lamaran adalah sebagai dokumen pengantar yang secara langsung menyatakan maksud dan tujuan anda tanpa memperpanjangnya. Tentu saja tidak cukup hanya melamar pekerjaan, anda juga harus spesifik tentang posisi atau jabatan yang anda inginkan. Surat lamaran adalah dokumen pertama yang akan dilihat oleh karyawan HRD, jadi buatlah itu sangat menarik.

2. Daftar Riwayat Hidup

Resume, sering disebut curriculum vitae (CV), adalah daftar riwayat hidup dan biodata pribadi dari pelamar. Data pribadi disebutkan lebih jelas dan rinci dalam resume. 

Beberapa hal yang harus anda sertakan dalam resume anda termasuk nama anda, foto atau alamat rumah tergantung di mana anda tinggal, nomor telepon, pendidikan dan pengalaman kerja. Resume anda harus menggambarkan pengalaman kerja dan organisasi anda sehingga HRD dapat menempatkan anda sesuai dengan posisi yang anda inginkan.

3. Fotocopy/scan ijazah dan Transkrip Nilai

Tentu saja, mereka yang pergi ke sekolah atau perguruan tinggi untuk lulus memiliki ijazah. Lamaran kerja Diploma sangat penting karena membuktikan bahwa anda telah menyelesaikan pendidikan formal anda. Harap lampirkan transkrip ke transkrip. 

4. Pas foto pribadi

Foto anda adalah salah satu file penting yang harus dilampirkan saat melamar kerja. Ada berbagai variasi ukuran foto seperti 2x3, 3x4, atau 4x6. Agar lebih formal, latar belakang foto umumnya berwarna merah atau biru.

5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) sebelumnya dikenal sebagai Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB). SKCK merupakan dokumen penting untuk melamar pekerjaan yang sering diminta oleh perusahaan. 

Untuk mendapatkannya, anda harus mendatangi Polres atau Polsek setempat sesuai alamat yang tertera di KTP anda. Sebelum ke polsek terlebih dahulu harus mendapatkan surat keterangan dari RT, RW, Kelurahan, Kecamatan. 

6. Surat Keterangan Pengalaman Kerja

Jika anda pernah bekerja di suatu perusahaan/lembaga, dianjurkan untuk menyertakan bukti pengalaman kerja anda. Surat ini berasal dari perusahaan tempat anda bekerja dulu. Surat ini memberi anda nilai lebih jika dibandingkan pencari kerja lainnya. Tidak hanya itu, peluang anda untuk mendapatkan pekerjaan juga akan semakin besar. 

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Membuat Berkas. Designed by OddThemes