BREAKING NEWS

Selasa, 24 Januari 2023

Mengenal ZIP, Lengkap dengan Cara Membuat Filenya

Hallo sobat, siapa nih dari kamu yang masih belum tahu apa itu ZIP? ZIP adalah suatu cara yang digunakan untuk menghemat ruang atau menggabungkan beberapa folder menjadi satu.

Nah, buat kamu yang masih belum tahu apa itu ZIP pasti belum tahu juga kan cara membuat file ZIP? Jika benar, kali ini kami Hosting membantu kamu mengatahui apa itu ZIP dan cara membuat filenya. Yuk, ikuti ulasan kami di bawah ini!

Apa Itu ZIP?

ZIP merupakan format file arsip yang digunakan secara luas untuk mengompresi atau memampatkan satu atau beberapa file bersama-sama menjadi ke dalam satu lokasi sehingga mengurangi ukurannya secara keseluruhan serta memudahkan pemindahan file tersebut.

File ZIP bekerja serupa dengan folder standar pada komputer Anda. Namun demikian, dengan file zip, konten folder dikompresi, mengurangi jumlah data yang digunakan oleh komputer Anda. Jadi, jika Anda ingin tahu cara mengecilkan ukuran file, sebaiknya ketahui tentang format file ZIP.

Lalu, bagaimana kamu dapat membedakan sebuah file arsip ZIP? Sederhana. Kapan kamu melihat ekstensi .ZIP atau .zip di akhir sebuah file, maka kamu sedang melihat sebuah file ZIP. Format file zip sudah ada sejak cukup lama, pertama kali ditemukan oleh Phil Katz di tahun 1986.

Pada awalnya, Katz mengimplementasikan file ZIP dalam program PKZip perusahaannya, namun penggunaannya kemudian meluas, dan meski ada banyak format arsip file lain yang berbeda, ZIP kemungkinan merupakan format yang paling sering digunakan, terutama berkat popularitas program WinZip di tahun 1990-an.

Cara Membuat File ZIP

1. Tentukan lebih dulu file mana saja yang hendak dijadikan ZIP. Gunakan CTRL+A jika ingin semua berkas, gunakan CTRL dan pilih berkas-berkas tertentu.

2. Setelah dipilih, klik kanan pada mouse kamu, pilih Send to dan pilih Compressed (zipped) folder.

3. File arsip akan dibuat otomatis di dalam direktori kamu berada. Jika ingin ganti nama folder ZIP kamu hanya perlu klik kanan pada folder pilih Rename kemudian ganti nama sesuai keinginan.

Menggunakan ZIP memiliki beberapa keunggulan, ZIP memberi kemungkinan kepada pengguna untuk menghemat ruang penyimpanan dan meningkatkan efisien komputer mereka.

Selain itu, hal tersebut juga efektif dalam meningkatkan transfer email, karena dapar mengirim email tersebut jauh lebih cepat dengan file yang berukuran lebih kecil. Selanjutnya, format file ZIP akan mengenkripsi data pribadi, hal yang selalu paling penting saat mengirim file lewat internet.

Nah sobat blog, itulah seputar penjelasan tentang file ZIP lengkap dengan cara membuat filenya. Semofa membantu.

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Membuat Berkas. Designed by OddThemes