BREAKING NEWS

Sabtu, 01 Oktober 2022

Contoh Surat Tanda Terima Barang, Dokumen Penting bagi Perusahaan

Dalam sebuah perilaku bisnis, pasti membutuhkan sebuah surat yang dijadikan sebagai bentuk dokumentasi atau pengarsipan.

Kegunaan surat tersebut adalah untuk membuat laporan, baik laporan penjualan, keuangan, stok barang dan perkembangan perusahaan yang didirikan.

Salah satu surat yang menjadi dokumen penting dalam sebuah perilaku bisnis adalah surat tanda terima barang. Jika ingin mengetahuinya lebih jelas, pengertian, fungsi dan contohnya simak selengkapnya.

Pengertian Surat Tanda Terima Barang

Surat tanda terima barang merupakan dokumen yang berisi informasi lengkap tentang barang yang dijadikan objek transaksi dalam bisnis, termasuk nama pemberi dan penerima.

Selain berisi informasi tentang barang yang dijadikan bisnis, surat ini dapat dijadikan sebagai bukti bahwa suatu barang telah dipesan dan diterima oleh customer atau telah dikirim oleh penjual.

Fungsi Surat Tanda Terima Barang

Surat ini berfungsi untuk perusahaan agar mengetahui progres dan proses pengiriman setiap barang kepada pelanggan dan memastikan produk telah dikirim dalam keadaan baik atau tidak.

Fungsi lain dari surat ini adalah dapat dijadikan sebagai acuan apakah perusahaan tersebut berkembang atau tidak.

Untuk mengetahuinya perlu memuat detail barang yang diserahkan atau diberikan seperti waktu penyerahan, tanda tangan pihak pengirim dan penerima dan tingkat kepuasan pelanggan.

Bagian Utama Penyusun Surat Tanda Terima

Berikut ini  akan dijelaskan bagian-bagian penting yang dapat dijadikan acuan untuk membuat surat tanda terima barang.

  1. Judul, komponen ini merupakan salah satu bagian penting dalam surat karena akan mempermudah dalam pengarsipan atau pencarian bukti pernah berlangganan suatu produk.
  2. Tanggal Penerimaan, bagian ini memperjelas kapan produk, uang atau berkas telah diserahkan. Selain itu bisa dijadikan sebagai bukti penyerahan barang tepat waktu atau tidak.
  3. Keterangan Barang, bagian ini ditujukan untuk menjelaskan jenis dan jumlah barang yang dikirimkan.
  4. Tanda tangan, merupakan bagian yang menjadi bukti sakral sah atau tidaknya sebuah surat tanda terima barang yang diketahui oleh kedua belah pihak.

Contoh Surat Tanda Terima Barang

Surat Tanda Terima Barang Berupa Uang

Contoh surat tanda terima barang oleh perusahaan di atas, berkaitan dengan jumlah uang yang diterima PT Tiokindo Electrik. Keterangan yang tertulis pun harus jelas agar memudahkan penerima mengecek kembali faktur pembayaran yang berkaitan dengan PT Menara Asia Global.

Surat Tanda Terima Barang dari Rumah Sakit

Dalam surat di atas, terdapat penerimaan barang dari Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan berupa Intraoral Camera sebanyak dua set untuk keperluan di Klinik Ilmu Penyakit Mulut Universitas Airlangga.

Surat Tanda Terima Barang Berupa Dokumen

Tak hanya berupa barang pakai, surat tanda terima juga bisa dipakai sebagai bukti penyerahan atau penerimaan sebuah dokumen penting.

Surat Tanda Terima Barang dari Koperasi

Dari contoh surat di atas, dapat kita lihat adanya pengiriman benih jagung sebanyak enam jenis varietas oleh Hidayatul Fitriya. Informasi terkait koperasinya pun jelas, sehingga jika barang yang diterima pelanggan tak sesuai, pelanggan bisa langsung menghubungi koperasi tersebut.

Surat Tanda Terima Barang Berupa Resi

Jika kalian mengirim barang atau membeli di marketplace, pasti akan mendapat nomor resi pengiriman dari sebuah ekspedisi.

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Membuat Berkas. Designed by OddThemes