BREAKING NEWS

Jumat, 07 Oktober 2022

Begini Cara Menambahkan Watermark pada File PDF anda

 



Pada era modern ini, untuk mendapatkan informasi tidak hanya melalui media cetak seperti koran atau majalah. Namun, juga tersedia dari dokumen online seperti PDF. Pernahkah anda melihat PDF yang diberi watermark? 

Tujuan dari watermark itu sendiri adalah untuk membuat pembaca atau penerima informasi mengetahui dengan jelas asal sumber informasi tersebut. Selain itu, dengan adanya watermark juga akan dapat meminimalisir kemungkinan plagiarisme.

Alasan Memberikan Watermark pada File PDF Secara Online

Setelah mengetahui secara singkat mengenai tujuan dari PDF, berikut adalah pembahasan mengenai pentingnya penggunaan watermark dalam sebuah dokumen atau PDF.

1. Sebagai Penanda Kepemilikan Dokumen atau Gambar

Alasan yang pertama untuk membuat watermark adalah untuk menunjukkan kepemilikan yang sah. Dengan menggunakan watermark, file yang dibagikan di media sosial akan lebih aman daripada tanpa penggunaan watermark. Pengguna media sosial juga dapat menilai kepemilikan dokumen atau gambar yang diberi watermark.

2. Meminimalisir Pemalsuan Dokumen

Alasan lain dari penggunaan watermark adalah untuk melindungi dokumen dan mencegah pemalsuan dokumen. Dengan adanya watermark pada dokumen, file anda akan menjadi lebih kuat secara hukum jika dipalsukan. Apalagi jika dokumen itu penting, akan lebih melegakan jika diberikan watermark.

3. Meminimalisir Tindakan Plagiarisme Dokumen

Keuntungan lain menggunakan atau menerapkan watermark pada dokumen adalah untuk meminimalkan plagiarisme dokumen. Dengan memberikan watermark pada dokumen, file seperti jurnal penelitian tidak akan mudah diduplikasi seenaknya. Itulah mengapa penting untuk menambahkan watermark.

4. Melindungi Hak Cipta

Tentu saja, dengan menggunakan watermark akan dapat melindungi hak cipta dan karya anda dari orang yang tidak bertanggung jawab. Watermark adalah simbol yang menunjukkan pada dokumen bahwa kepemilikannya sah dari sumber tertentu. Meskipun akan disebarluaskan, sumber informasi pertama tentu saja adalah pemilik watermark.

5. Memberikan Keterangan Sumber Terkait Pemberi Informasi

Selain beberapa hal di atas, penggunaan watermark sendiri dapat digunakan sebagai informasi yang berkaitan dengan sumber asalnya. Misalnya, suatu dokumen PDF yang diberi watermark dengan logo perusahaan sehingga penerima mengetahui alamat perusahaan dari mana dokumen itu dikirim. 

Cara Membuat Watermark file PDF Secara Online

Berikut cara membuat watermark file PDF secara online tanpa menggunakan aplikasi.

  • Anda dapat mengunjungi website sedja lalu pilih bagian watermark-pdf

  • Klik tombol upload pdf file lalu upload file pdf anda

  • Pada tampilan berikutnya, anda dapat mengedit dan mendesain bentuk watermark sesuai dengan keinginan anda

  • Setelah selesai mengedit dan mendesain watermark anda, selanjutnya bisa menyimpan file yang sudah diberi watermark dengan klik tombol Download

Dengan begitu maka file pdf anda yang sudah diberikan watermark kini tersimpan di penyimpanan perangkat anda. Anda juga dapat memberikan watermark pada banyak dokumen sekaligus.

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Membuat Berkas. Designed by OddThemes