BREAKING NEWS

Rabu, 31 Agustus 2022

4 Cara Mengubah File Ms. Word Ke Pdf Dan Sebaliknya

Microsoft Apps 

File atau dokumen yang disimpan dalam bentuk format Portable Document Format (PDF) memiliki banyak keunggulan. Salah satunya adalah file dalam bentuk format PDF, memungkinkan file yang anda kirim akan terlihat sama saat anda mengirimnya. Tata letak konten dan kualitas dari gambar yang diterima akan sama dan tidak akan berubah bahkan saat dibuka di berbagai aplikasi, seperti browser mozilla firefox, microsoft edge, google chrome, bahkan di adobe pdf mobile.

Keuntungan lainnya adalah Anda dapat mengakses file PDF di beberapa perangkat, seperti PC dan ponsel. Tidak heran jika PDF adalah salah satu format paling populer ketika pengguna ingin mengirim file. Yang menjadi permasalahannya adalah kebanyakan pengguna biasanya membuat dokumen di software Microsoft Word terlebih dahulu.

Untuk mengubah atau meng-convert file yang berformat docx atau word menjadi ke format PDF dapat anda lakukan dengan berbagai cara. Berikut adalah beberapa cara yang dapat anda terapkan.

1. Microsoft Word

Jika anda menginstal software Microsoft Word di PC anda, cara termudah untuk mengonversi Word ke PDF adalah langsung dari perangkat lunak Microsoft Word. Berikut langkah-langkahnya:

- Buka dokumen Word yang ingin dikonversi ke PDF

- Klik tab "file" di sudut kiri atas layar

- Pilih "Save As"

- Nanti, pengguna bisa menuliskan nama dokumen dan mengatur dimana file akan disimpan sesuai keinginan

- Lalu, jangan lupa ubah tipe dokumen dari "Word Document (.docx)" ke "PDF (.pdf)"

- Terakhir, klik "save"

2. Google Drive

Selain dengan menggunakan software Microsoft Word, anda juga dapat menggunakan layanan lain untuk dapat menkonversi file anda ke PDF. Salah satu layanan yang dapat anda gunakan secara gratis adalah Google Drive. Namun, proses konversi file Word ke PDF ini hanya dapat dilakukan melalui browser di PC.  Langkah-langkah yang dapat anda lakukan adalah sebagai berikut:

- Pastikan pengguna sudah login ke akun Google di broswer

- Kemudian buka URL drive.google.com

- Klik opsi "New" > "File upload"

- Lalu pilih dokumen Word yang ingin dikonversi ke PDF

- Setelah proses upload selesai, klik dokumen tersebut

- Nanti pengguna akan dialihkan ke halaman Google Docs yang berisi dokumen pengguna

- Kemudian, klik tab "File" > "Download" > "PDF Document (.pdf)".

Dengan mengikuti cara ini dokumen Word sudah dapat diunduh dalam format PDF. Jika Anda sudah memiliki dokumen Word di Google Drive, anda dapat melewati pengunggahan dokumen dan langsung membuka dan mengunduh file dalam format PDF.

3. Google Docs

Anda dapat melakukan proses ini di PC maupun di ponsel anda. Jika anda ingin melakukannya di ponsel, maka anda perlu menginstall aplikasi Google Docs terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya.

- Pastikan pengguna sudah meng-install Google Docs di ponsel dan sudah login ke akun Google

- Selanjutnya pengguna hanya perlu buka aplikasi Goolge Docs di ponsel

- Upload file yang ingin dikonversi dengan klik ikon "+"

- Atau bisa langsung membuka dokumen yang sudah ada di Google Docs Lalu, klik titik tiga vertikal di sudut kanan layar

- Pilih opsi "Share & export" > "Save As" > "PDF Document (.pdf)" > "OK".

Nantinya file PDF akan langsung tersimpan di ponsel anda.

4. Website Konversi Online

Selain cara-cara diatas, anda dapat menggunakan situs web konversi online yang tersedia di internet. Saat ini, ada banyak situs web konversi Word ke PDF online yang dapat dipilih pengguna, sepert ilovepdf.com, smallpdf.com, pdf2go.com, dll.

 

Pada dasarnya, langkah-langkah untuk mengonversi dokumen Word ke PDF hampir sama untuk semua situs konversi online. Yaitu, buka situs web, unggah dokumen, konversi, lalu unduh.

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Membuat Berkas. Designed by OddThemes