BREAKING NEWS

Jumat, 19 Agustus 2022

10 Rekomendasi Aplikasi Edit PDF Terbaik dan Gratis

Tidak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi membuat aktivitas manusia menjadi lebih mudah. Salah satunya mengurus sebuah dokumen yang dapat dilakukan secara virtual. Terlebih saat ini yang masih dalam kondisi pandemi sehingga terhambat mobilitas seseorang.

Terdapat berbagai format file dokumen yang bisa digunakan seperti Docx, Rtf, Txt, dan lain sebagainya. Namun, format file yang sering digunakan dan ditemui saat menerima sebuah dokumen, yaitu PDF. Portable Document Format (PDF) merupakan format berkas digital yang dikembang oleh Adobe.

Format PDF memiliki keunggulan sebagai format file yang tidak mudah diedit atau baku. Dengan begitu, jika file dibuka menggunakan aplikasi lain tidak langsung berantakan.

Selain itu, terdapat fitur pengamanan ekstra, yaitu password yang bisa disematkan pada file dokumen tersebut.

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi untuk edit file praktis yang bisa kamu coba di smartphone kamu.

1. Adobe Acrobat Pro DC

Rekomendasi aplikasi yang pertama adalah Adobe Acrobat Pro DC. Adobe Acrobat Pro DC merupakan alat penyuntingan terbaik yang tersedia bagi Windows ataupun MacOS.

Aplikasi edit PDF yang satu ini tidak perlu diragukan lagi karena Adobe Acrobat Pro DC menawarkan fungsionalitas bagi telepon seluler (melalui aplikasi iOS dan Android) serta kemampuan untuk mengonversi berbagai format file menjadi PDF, termasuk halaman web (HTML), dokumen Word, spreadsheet Excel, presentasi PowerPoint, dan bahkan pemindaian file gambar dalam format PNG atau JPEG.

2. SmallPDF

Rekomendasi aplikasi yang kedua adalah Aplikasi edit PDF SmallPDF. Aplikasi edit PDF SmallPDF menyajikan antarmuka pengguna sederhana yang memungkinkan kamu menambah konten teks dan gambar ke dalam file PDF.

Selain itu, platform ini juga menawarkan penandatanganan elektronik serta kemampuan untuk menambahkan komentar dan sorotan dalam file PDF kamu.

Fitur terbaik dalam aplikasi ini adalah kemampuan platformnya berbasis cloud sehingga kamu bisa mengakses file PDF dari perangkat apa pun dengan hanya mengunjungi situs web SmallPDF.

3. PDF-XChange Editor

Rekomendasi aplikasi yang ketiga adalah PDF-XChange Editor. PDF-XChange Editor merupakan aplikasi edit PDF gratis untuk Windows yang dikembangkan oleh Tracker Software.

Antarmukanya sedikit lebih kompleks dibandingkan aplikasi SmallPDF, namun memberimu akses mudah ke banyak fitur bermanfaat seperti opsi cap untuk menandai dokumen sebagai 'Kedaluwarsa' atau 'Disetujui'.

4. PDFescape

Rekomendasi aplikasi yang keempat adalah PDFescape. PDFescape merupakan aplikasi edit PDF yang mudah digunakan dan dapat diakses oleh semua orang melalui peramban web.

Pada aplikasi ini terdapat banyak alat anotasi yang bermanfaat untuk menambahkan keterangan pada file PDF.

Kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengisi formulir, membuat formulir, menyisipkan teks dan tautan web, menyoroti teks, menambahkan catatan, menyunting atau mencoret teks, memotong dan memutar gambar, menambah atau menghapus halaman, dan bahkan mengunci dan mengenkripsi dokumen PDF.

5. Apple Preview

Rekomendasi aplikasi yang kelima adalah Apple Preview. Aplikasi Apple Preview terdapat dalam setiap versi macOS. Tidak hanya mampu bekerja dengan file PDF, aplikasi Apple Preview juga menawarkan sejumlah fitur penyuntingan gambar.

Untuk memunculkan fitur secara lengkap, kamu harus menekan tombol kecil yang mirip dengan ujung pensil.

Setelah itu, sejumlah fitur akan terlihat mencakup opsi pemilihan teks, alat menggambar yang dapat digunakan untuk menandai catatan ke dalam dokumen, alat teks untuk menambahkan teks tambahan ke dokumen. alat yang menambahkan bentuk dan catatan, dan alat tanda tangan yang dapat digunakan untuk memindai tanda tangan menggunakan kamera Mac, tablet, atau trackpad.

6. Foxit PDF Editor

Rekomendasi aplikasi yang keenam adalah Foxit PDF Editor. Foxit PDF Editor memiliki tiga macam produk penyuntingan yaitu PDF Editor Online, Foxit PDF Editor, serta Foxit PDF Editor Pro.

Kamu terlebih dahulu harus mendaftar untuk mendapatkan akun dan memperoleh akses uji coba gratis selama lima hari.

Dengan versi online, kamu bisa menyunting dan menambahkan teks serta objek, menyisipkan dan menghapus halaman, mengonversi ke dan dari format file lain, dan bahkan

7. Sejda

Rekomendasi aplikasi yang ketujuh adalah Sedja. Sejda merupakan aplikasi edit PDF yang dapat dipercaya karena semua file yang diunggah akan dihapus dari servernya setelah lima jam.

Selain faktor keamanan, Sejda adalah pilihan yang baik jika kamu sedang mencari aplikasi edit PDF gratis dengan antarmuka yang mudah digunakan.

Platform memiliki beberapa batasan, kamu hanya dapat melakukan tiga tugas dalam waktu satu jam dan mengunggah dokumen berukuran maksimal 50MB atau 200 halaman.

8. PDF Candy

Rekomendasi aplikasi yang kedelapan adalah PDF Candy. PDF Candy merupakan salah satu aplikasi edit PDF terbaik karena memiliki fitur yang tidak ditawarkan oleh aplikasi PDF gratis lainnya. Fitur tersebut ialah OCR (Optical Character Recognition) yang berguna untuk memindai teks.

Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan 44 pilihan untuk membuat maupun mengonversi file PDF serta fitur-fitur lain yang memudahkanmu untuk mengatur ulang halaman dalam dokumen, menambahkan watermark, melindungi file PDF dengan kata sandi, menyunting metadata dalam file PDF, membagi atau menambahkan halaman ke dalam dokumen, dan menyalin gambar.

9. Wondershare PDFelement

Rekomendasi aplikasi yang kesembilan adalah Wondershare PDFelement. Aplikasi ini menawarkan kemampuan membuat anotasi, menyunting dan mengonversi PDF ke format lain, menambahkan tanda tangan, dan mengisi formulir PDF.

Selain itu, Platform ini juga menawarkan versi uji coba gratis yang dapat digunakan untuk penyuntingan file PDF sederhana.

10. PDFsam Basic

Rekomendasi aplikasi yang keterakhir adalah PDFsam Basic. DFsam Basic dapat menjadi jawaban yang tepat untuk menggabungkan beberapa halaman menjadi satu, atau mengubah orientasi halaman.

Kelebihan dari aplikasi ini, tidak ada watermark yang perlu dikhawatirkan dan kamu tidak perlu lagi mempercayakan dokumen penting kepada penyedia aplikasi pihak ketiga yang tidak dikenal.

Demikian rekomendasi beberapa aplikasi untuk edit file praktis yang bisa kamu coba di smartphone kamu. Dengan menggunakan berbagai pilihan aplikasi edit PDF di atas, kamu dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan mudah.

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Membuat Berkas. Designed by OddThemes