Pusing Membuat Surat Lamaran Kerja Melalui Email, Silahkan Simak!

Membuat Surat Lamaran Kerja Melalui Email

Mungkin problem ini dirasakan oleh setiap mahasiswa yang baru lulus dari perkuliahan, maupun pelajar yang baru saja tamat sekolah. Perkembangan teknologi memang berkembang sangat pesat, salah satu yang terkena dampaknya adalah metode dalam melamar kerjaan.

Pada jaman dahulu ketika ingin melamar pekerjaan disuatu perusahaan, mungkin masih menggunakan metode manual, dan diantar manual kepada HRD perusaan tersebut, akan tetapi saat ini rata-rata perusahaan sudah menerapkan sistem lamaran kerja melalui email.

Tidak perlu bingung apabila Anda ingin membuat surat lamaran kerja melalui email, berikut langkah langkah, dan hal yang perlu anda perhatikan.

1. Persiapkan Dokumen Anda

Langkah pertama ketika anda ingin membuat surat lamaran kerja melalui email, anda perlu mempersiapkan beberapa dokumen yang akan mendukung anda, dalam melamar pekerjaan tersebut.

Harap di teliti terkait kelengkapan tersebut, karena kelengkapan pada berkas yang anda kirim, akan berpengaruh terhadap peluang kerja yang akan Anda dapatkan. Secara umum beberapa dokumen yang perlu anda persiapkan antara lain:

  • Surat lamaran kerja
  • CV yang menarik
  • Scan ijazah, daftar nilai, kartu identitas, sertifikat dan pas foto
  • Kualitas file yang kamu kirimkan baik, dengan ukuran yang tidak terlalu kecil atau besar
  • Tidak mengedit atau mengubah file asli
  • Pastikan format file sesuai dengan apa yang perusahaan minta, seperti .doc, .pdf atau .jpeg

2. Pastikan Alamat Emailmu Formal

Faktor ini tidak kalah penting juga didalam melamar kerja. Nama dari email yang Anda gunakan sebaiknya email yang sesuai, dengan nama lengkap Anda, tidak jarang dalam pembuatan email, seseorang akan menggunakan nama keren, maupun nama istilah yang lainnya.

Hal tersebut sebaiknya Anda hindari ketika melamar kerja. Jika Anda belum memiliki email, maka buatlah terlebih dahulu email, yang sesuai dengan nama lengkap.

3. Perhatikan Standar Pengiriman

Ketika Anda melamar suatu pekerjaan menggunakan email, Anda harus mengikuti beberapa standar yang pantas anda gunakan didalam surat lamaran kerja, diantaranya adalah

  • nama penerima email yang dituju;
  • cc penerima;
  • subjek;
  • isi email;
  • lampiran;

4. Perhatikan Format Berkas yang Anda Kirimkan

Pada saat Anda melampirkan file lamaran yang sudah Anda persiapkan, sebaiknya tidak mengguanakan file dengan format zip maupun rar.

Jika anda ingin berkas lamaran anda mendapat tanggapan dari HRD, maka sebaiknya Anda mengirimkan file lamaran kerja anda dalam bentuk pdf. Pasalnya penggiriman berkas dengan bentuk zip atau rar akan mempersulit HRD, dalam memproses file lamaran Anda.

5. Gunakan Bahasa Resmi

Dalam penyusunan kalimat dalam surat lamaran kerja, diwajibkan agar menggunakan bahasa Indonesia. Selain itu penggunaan bahasa sebaiknya mudah dimengerti, dan dapat dibaca dengan baik oleh recruiter.

Anda harus menghindari penggunaan bahasa gaul, dan kurang sopan didalam format lamaran kerja anda. HRD biasanya tidak akan memproses surat lamaran Anda, jika penggunaan bahasa dalam surat lamaran yang Anda buat kurang sopan.

6. Perhatikan Waktu Pengiriman

Mungkin hal ini belum banyak diketahui para jobseeker. Mungkin pengiriman email secara 24 jam dapat Anda lakukan, tetapi sebaiknya Anda mengirimkan berkas lamaran disaat jam kerja antara pukul 09.00-12.00 atau 13.00-16.00.

Anda juga sebaiknya memperhatikan batas waktu yang ditetapkan oleh perusahaan tersebut, apakah lowongan kerja tersebut masih tersedia atau tidak bagi pelamar pekerjaan.

Didalam membuat surat lamaran kerja melalui email, sebaiknya Anda menggunakan bahasa yang singkat, jelas, namun dapat dipahami dengan mudah.

Hindari beberapa penggunaan kata yang berlebihan. HRD atau recruiter dapat melihat seberapa profesional anda, ketika melihat email lamaran yang Anda kirimkan. Semoga informasi pada artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda, yang sedang mencari pekerjaan.

Komentar

Postingan Populer