Surat Pindah Sekolah Dan Prosedur Perpindahannya

Apakah siswa diperbolehkan pindah sekolah dari daerah yang sama dengan sekolah asal ? Mengapa sekolah memperbolehkan siswa untuk pindah sekolah ?

Mengajukan pindah sekolah adalah hak setiap siswa. Orang tua bisa mengajukan pindah siswa dari sekolah lama untuk melanjutkan ke sekolah baru yang diinginkan dengan alasan tertentu,

Walaupun demikian, orang tua harus punya pertimbangan matang dalam memindahkan anaknya. Tidak ada yang menyukai perubahan, terutama anak-anak. Perubahan akan membawa anak-anak pada ketidak pastian karena umumnya mereka masih belum bisa menerima dan memahami situasi yang terjadi.

Beberapa alasan pengajuan pindah sekolah bisa saja karena mengikuti orang tua, bencana alam/sosial, pindah rumah, dan alasan lain yang bisa dipertanggungjawabkan.

Untuk memastikan bahwa siswa tersebut tidak putus sekolah, biasanya sekolah lama lebih dulu meminta kepastian apakah siswa tersebut akan diterima di sekolah baru. Sehingga ketika proses pindah selesai, siswa bisa langsung melanjutkan kegiatan belajarnya disekolah baru yang ditujunya. Tetapi untuk pengurusan perpindahan sekolah membutuhkan sedikit banyaknya biaya yang harus di bayarkan baik disekolah asal maupun disekolah tujuan.

Prosedur Mutasi/Pindah Sekolah Secara Umum

  1. Sebelum meminta surat keterangan pindah sekolah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dilaksanakan.
  2. Orang tua/wali membuat surat permohonan pindah sekolah.
  3. Kepala sekolah menyetujui dan membuatkan surat keterangan pindah sekolah.
  4.  Orang tua menyerahkan surat keterangan ke sekolah baru, dan melapor kembali ke sekolah lama bahwa siswa tersebut telah diterima di sekolah yang baru.
  5.  Sekolah lama mengeluarkan siswa dari dapodik dan sinkronisasi.
  6. Sekolah baru melakukan tarik data siswa ke dapodik dan sinkronisasi. Proses mutasi siswa selesai jika siswa yang bersangkutan telah masuk data dapodik sekolah baru.

Berdasarkan alur di atas, maka ada 2 dokumen yang dibutuhkan yaitu surat permohonan pindah (dibuat orang tua) dan surat keterangan pindah sekolah (dibuat kepala sekolah). Bagi anda yang membutuhkan kedua format surat tersebut bisa mendownloadnya dari internet.

Mutasi siswa saat ini tidak cukup dengan surat pindah sekolahs. Jauh lebih penting dari itu, sekolah lama (melalui operator sekolah) harus segera mengeluarkan siswa dari dapodik agar bisa dimasukkan ke dapodik sekolah baru.

Persyaratan Yang Perlu Diperhatikan Ketikan Hendak Pindah Sekola.

Persyaratan perpindahan siswa dalam kota dan luar kota sedikit berbeda, maka untuk itu perlu diperhatikan persyaratannya .

Syarat Pindah Sekolah Dalam Kota

  1. Permohonan orangtua/wali
  2. Surat keterangan pindah sekolah asal diketahui kepala UPTD Kecamatan
  3. Surat rekomendasi sekolah yang dituju dan diketahui kepala UPTD Kecamatan
  4. Map Polio 1 Lembar

Syarat Pindah Sekolah Luar Kota

  1. Permohonan orangtua/wali
  2. Surat keterangan pindah sekolah asal diketahui kepala UPTD Kecamatan
  3. Map Polio 1 Lembar

Sementara proses pindah sekolah juga memiliki banyak proses tetapi bisa langsung dilakukan dalam hitungan menit saja.

Contoh Surat Pindah Sekolah

Berikut ini contoh surat pindah sekolah dalam bentuk gambar yang bisa sahabat gunakan sebagai referensi untuk pembuatan surat pindah sekolah.

 

Demikian informasi tentang alur pindah siswa beserta contoh surat keterangan pindah sekolah yang bisa admin berikan kepada sahabat semua. Semoga contoh surat pindah sekolah diatas bisa bermanfaat buat sahabat dalam mengurus perpindahan siswa disekolah.  Akhir kata admin ucapkan terimakasih.

 

 

Komentar

Postingan Populer