Cara Membuat Surat Izin Sekolah

Walau zaman telah berkembang, namun dalam dunia sekolah jika tidak masuk atau tidak mendapat mengikuti pelajaran dikarenakan alasan tertentu, maka harus memberi surat izin tidak masuk sekolah.

Surat izin adalah surat yang berisi keterangan bahwa pemegang surat itu diberi izin melakukkan sesuatu. Biasanya, seseorang izin tidak masuk karena suatu keperluan yang tidak bisa dihindarkan, seperti sakit, keperluan keluarga, dan kegiatan lainnya.

Cara membuat surat izin tidak masuk sekolah harus sesuai dengan kebenaran serta tanggung jawab atas apa yang ditulis. Dalam membuatnya pun harus sesuai dengan kebenaran dan sanggup bertanggung jawab atas apa yang telah ditulis. Umumnya, surat izin dapat dibuat dengan tulisan tangan maupun diketik. Tapi tidak berlaku untuk surat izin tidak masuk sekolah yang diharuskan menggunakan tulisan tangan.

Cara Membuat Surat Izin Sekolah Sendiri

Sebenarnya cara membuat surat izin sekolah ini termasuk mudah, asalkan mengetahui unsur-unsur apa saja yang seharusnya dipersiapkan juga diperhatikan.

1. Tujuan Pengiriman Surat

Surat izin sekolah ini harus jelas tujuan pengirimannya. Maksudnya adalah di mana surat ini berisi informasi kepada siapa surat ditujukan apakah kepala sekolah ataupun guru wali kelas.

2. Alasan Izin

Alasan izin juga termasuk dari unsur cara membuat surat izin sekolah. Berhubung unsur ini menentukan apakah Si yang bersangkutan akan diterima alasannya atau tidak. Sahabat harus menulis alasan yang benar-benar logis.

Walau surat izin sekolah biasa ditulis juga dibuat oleh pribadi. Namun, surat izin bisa dikatakan surat resmi. Jadi, dalam menulis surat izin sebaiknya di tulis secara jelas dan baku. Inilah bagian-bagian yang harus kalian ketahui dalam membuat surat izin.

Unsur-Unsur Surat Izin Sekolah

Dalam surat izin ini adalah surat resmi, jadi harus menggunakan unsur sistematis untuk membuat surat resmi ketika memberikan izin untuk sekolah tersebut. Berikut merupakan unsur-unsur yang perlu kita perhatikan ketika akan memberikan izin kepada pihak sekolah:

1. Tanggal dan Alamat Tujuan

    Pematangsiantar, 12 Juli 2022

2. Nama Tujuan

    Kepada

Yth. Bapak/Ibu Guru (Wali Kelas) SMK Parbina

3. Salam Pembuka

    Dengan Hormat,

Saya adalah orang tua dari murid yang bernama:

4. Biodata Pengirim Yang Izin

    Nama: Jhon Ray Silaban

    Kelas: Kelas 3 TKJ, SMK Parbina

    Alamat: Jln. Pahlapa Seroja, No. 06, Mampang Prapatan, Pematangsiantar

5. Isi Surat

Memberitahukan bahwa yang bersangkutan tidak dapat hadir seperti biasanya untuk belajar di sekolah pada hari ini karena adanya kebutuhan yang tidak dapat ditinggalkan di luar kota. Kemudian saya sebagai orang tua, meminta kepada Bapak/Ibu guru untuk memberikan izin kepada anak kami.

6. Kalimat Penutup

Demikian surat yang dapat kami buat, atas perhatian Bapak/Ibu guru, kami ucapkan terima kasih.

7. Nama pengirim

Hormat Kami,

Demian Silaban

 

Contoh Surat Izin Sekolah

Surat ketidakhadiran di sekolah biasanya ditujukan dari siswa atau orang tua (wali) kepada guru kelas sekolah untuk memberitahukan kepada mereka bahwa siswa tidak dapat pergi ke sekolah karena suatu alasan, seperti sakit atau alasan yang lain. Berikut ini beberapa contoh surat keterangan tidak masuk sekolah yang dapat dijadikan referensi.

Cara Membuat Surat Izin Sekolah Dengan Alasan Urusan Keluarga

Jakarta, 15 Juni 2022

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 2 IPS

Bakti Utama 3 Jakarta

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Sara

Alamat: Jalan Bahagia No. 10, Jakarta Barat

Orang tua/wali murid dari:

Nama: Sara

Kelas: 2 IPS

Atas nama orang tua dari Budi Sara, 2 IPS, dengan ini mohon izin kepada Bapak/Ibu Guru di Bakti Utama 3 Jakarta, Bahwasanya mulai hari Jumat tanggal 13 Juli 2022 s/d hari Senin 17 Juli 2022, Sara tidak dapat hadir untuk mengikuti pelajaran seperti biasanya, dikarenakan ada keperluan yang sangat penting di kampung halaman. Oleh karena itu kiranya Bapak/Ibu Guru dapat memberi izin kepada Sara.

Demikian surat izin saya buat, atas pemberian izin dan kebijaksanaan Bapak/Ibu Guru wali kelas saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya

Naimarsak


Cara Membuat Surat Izin Sekolah Dengan Alasan Sakit

Jakarta, 13 September 2021

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 4 Matahari

SDN 4 Jakarta Barat

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Elita

Alamat: Jl. Muara Kenangan No. 17, Jakarta 

Orang tua/wali murid dari 

Nama: Sondang

Kelas: 4 Matahari

 

Bermaksud memberitahukan kepada Bapak/Ibu Guru wali kelas bahwa anak saya tidak dapat hadir ke sekolah pada hari ini, tanggal 13 September 2021 dikarenakan sakit panas dan oleh karenanya Bapak/Ibu Guru wali kelas 4 Matahari dapat memberi izin kepada anak kami untuk beristirahat di rumah selama 1 hari.

Demikian surat izin ini saya buat, atas segala perhatiannya dan kebijaksanaan dari Bapak/Ibu Guru wali kelas saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya

Elita

Itulah beberapa contoh cara membuat surat izin sekolah sendiri dan poin penting yang perlu diperhatikan saat membuat surat izin sekolah. Karena surat keterangan izin berhalangan hadir di sekolah ini bersifat tidak resmi, maka bisa dibuat secara tertulis.

Komentar

Postingan Populer