Langkah-langkah Mengurus Surat Pindah Agama

Setiap orang berhak memilih dan memeluk agama menurut keyakinan dan kepercayaan masing-masing. Hal ini termasuk orang yang menjadi mualaf atau sebutan lain dari orang non-muslim yang pindah atau memeluk Islam.

Saat ini, sudah banyak orang yang mulai tertarik dengan agama Islam hingga akhirnya memutuskan untuk menjadi mualaf.

Pada umumnya, orang yang menjadi mualaf karena sebuah pernikahan, ajaran Islam, hingga karena mendapatkan hidayah melalui mimpi dan masih banyak lagi.

Tidak ada waktu yang ditentukan kapan bagusnya untuk menjadi mualaf, sebab semua hari baik. Jadi, bagi kamu yang telah yakin ingin memeluk agama Islam, kamu bisa kapan saja menjadi mualaf.

Lantas, bagaimana cara mengurus dokumen untuk masuk Islam secara sah secara di mata agama dan administrasi negara? Berikut penjelasannya.

Langkah-Langkah Cara Mengurus Surat Keterangan Pindah Agama

Agar perpindahan agama yang kamu lakukan diakui secara hukum maka harus mengurus surat keterangan pindah agama.

Masyarakat Indonesia memiliki kebebasan untuk memilih agamanya masing-masing. Dalam Pancasila sila ke 1 berbunyi ketuhanan yang maha esa dimana masyarakat paling tidak percaya terhadap satu agama.

Meskipun pada kenyataannya tidak menutup kemungkinan ada beberapa masyarakat yang menganut paham atheis atau tidak percaya dengan Tuhan. Akan tetapi biasanya orang-orang dengan paham atheis tetap mencantumkan agama pada KTP dan juga kartu keluarga.

Cara mengurus surat keterangan pindah agama sangat penting untuk kamu ketahui agar nantinya jika kamu berpindah agama Juga diakui secara hukum.

Karena ketika kamu tidak mengurus dokumen-dokumen yang dibutuhkan nantinya aktivitas perpindahan agama yang kamu lakukan tidak tercatat oleh hukum.

Berikut langkah-langkah cara mengurus surat keterangan pindah agama.

- Mengurus surat keterangan dari Kelurahan domisili pemohon

Langkah pertama adalah meminta surat keterangan dari Kelurahan domisili pemohon. Caranya kamu hanya tinggal datang ke kelurahan di mana kamu tinggal. Sampai di sana nantinya kamu bisa menjelaskan maksud dan tujuan secara rinci.

Kamu tidak perlu khawatir karena prosedur cara mengurus surat keterangan pindah agama dari Kelurahan domisili cukup mudah untuk dilakukan. Nantinya ada petugas dari Kelurahan yang akan membantu kamu untuk mengisi formulir yang diberikan.

- Membawa dokumen-dokumen yang dibutuhkan

Langkah kedua adalah menyiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan di kantor KUA nantinya. Kamu perlu memfotokopi beberapa dokumen itu seperti misalnya Kakak dan juga kartu keluarga. Kamu tidak perlu mengcopinya dalam jumlah banyak cukup mengcopy satu lembar saja untuk diserahkan ke kantor KUA.

Sebaiknya kamu menyiapkan dokumen yang akan diserahkan dari rumah agar nantinya proses bisa berjalan dengan cepat ketika sudah berada di kantor KUA.

- Menyiapkan pas foto 3 X 4 sebanyak 3 lembar

Langkah ketiga adalah menyiapkan pas foto 3 X 4 sebanyak 3 lembar. Nantinya pasfoto akan ditempelkan pada beberapa dokumen untuk mengurus surat keterangan pindah agama yang kamu lakukan.

- Menyiapkan materai Rp10.000 sebanyak 1 lembar untuk ditempelkan pada surat pernyataan

Langkah terakhir adalah menyiapkan materai 10000 sebanyak 1 lembar untuk ditempelkan pada surat pernyataan. Kamu bisa membelinya terlebih dahulu sebelum berangkat ke kantor KUA. Untuk pengurusan surat keterangan pindah biasanya hanya dilakukan satu hari saja.

Nah sobat blog, itulah beberapa langkah mengurus surat surat pindah agama secara sah menurut negara dan agama.

Komentar

Postingan Populer