BREAKING NEWS

Rabu, 07 September 2022

Cara Mengunci File Microsoft Word Agar Tidak Bisa Disalin



Belakangan ini, praktik copas alias "copy-paste" sudah menjadi hal yang lumrah. Menyalin teks dari file orang lain dapat dilakukan  dengan mudah hanya dengan beberapa klik. 

Teks dapat disalin dari berbagai dokumen, termasuk teks yang dibuat di Microsoft Word. Jika Dokumen tersebut merupakan karya ilmiah yang penting seperti skripsi, disertasi, karya ilmiah, dan lain sebagainya yang juga harus dilindungi. Microsoft Word sendiri menawarkan kemampuan untuk "mengunci" tulisan anda di Word, hal ini bertujuan untuk mencegah orang lain menyalinnya. 

Anda dapat melindungi file Anda dengan mengunci dokumen dengan kata sandi. Tips ini bisa digunakan saat membuat dokumen di Microsoft Word menjadi semakin aman. Sehingga, hanya anda yang memiliki akses yang dapat membuka dan mengedit dokumen. Fitur ini sudah tersedia di Microsoft Word 97 dan yang lebih baru, tetapi artikel ini menjelaskan cara mengunci dokumen di Microsoft Word 2010. Berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan.

Mengunci Word Agar Tidak Disalin

- Buka file di Microsoft Word

- Klik menu Review.

- Pilih "Restrict Editing" di sudut kanan

- Centang kotak kecil di bawah "Restricting Editing"

- Pilih "Filling in Forms

- Kemudian pilih “Yes, start Enforcing “.

- Silakan masukkan kata sandi Anda. Jika sudah selesai pilih ”OK”.

Sekarang orang lain tidak dapat membuka file microsoft word anda tanpa menggunakan password yang anda buat. Untuk membuka kunci file yang dilindungi atau dikunci, klik Buka proteksi dan masukkan kata sandi Anda. Jika anda ingin menghapus kata sandi pada file microsoft word anda, dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut ini.

Menghapus Kata Sandi pada Dokumen Word

- Buka dokumen yang dikunci dengan kata sandi.

- Buka menu File dan klik Tentang. Kemudian klik tombol "Lindungi Dokumen" -> "Enkripsi dengan Kata Sandi".

- Hapus kata sandi dari kotak. Kemudian klik OK. Kini dokumen tidak terkunci.

Selain mengunci akses untuk membuka dokumen Word dengan kata sandi, anda juga dapat menambahkan kata sandi untuk akses pengeditan dokumen. Cara untuk menambahkannya adalah sebagai berikut.

- Buka dokumen dan klik Save As.

- Pada kotak dialog yang muncul, buka opsi Tools di sudut kanan bawah dan pilih General Option

- Kemudian masukkan kata sandi Anda di Password to Modify

- Jika sudah, klik OK lalu pilih Save.

Cara diatas dapat dilakukan pada aplikasi Microsoft Word 2007, 2010, 2013, dan Microsoft lainnya dengan versi terbaru. Dengan begini, file anda tidak dapat diedit maupun disalin oleh orang lain.





Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Membuat Berkas. Designed by OddThemes