BREAKING NEWS

Senin, 04 Juli 2022

4 Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

Suratpengunduran diri merupakan surat yang dibuat pelamar kerja atau orang yang bekerja sebagai keterangan tertulis untuk menyatakan pengunduran diri dari pekerjaannya.

Sesuai dengan Pasal 154A Undang Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, pekerja yang mengundurkan diri atas kemauannya sendiri dan harus memenuhi hak cipta.

Surat pengunduran diri dapat disampaikan kepada team leader, HRD, atau pimpinan kantor, sesuai dengan kebijakan perusahaan tersebut.

Namun, banyak orang yang belum tahu bagaimana membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar. Jangan khawatir, di bawah ini kami telah membuat beberapa contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar. Yuk ikuti ulasan kami!

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana

Jakarta, 29 Juni 2022

Kepada Yth,

HRD PT Maju Jaya

di Jl. Gajah Mada, Jakarta

 

Dengan hormat,

 

Melalui surat ini, saya atas nama Muhammad Taufiq bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT Maju Jaya yang mana saya memiliki posisi sebagai Content Writer.

Saya melakukan permohonan ini karena ingin menjadi seorang freelancer. Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan kerja yang sudah diberikan kepada saya selama lima tahun ini. Saya mohon maaf apabila selama bekerja masih banyak melakukan kesalahan yang mungkin merugikan pihak perusahaan.

Demikian surat ini saya buat tanpa ada paksaan dari orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu. Semoga PT Maju akan semakin berkembang dan sukses.

 

Hormat saya,

 

Muhammad Taufiq


2. Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi

Jakarta, 29 Juni 2022

Kepada Yth,

HRD PT Maju Jaya

di Jl. Gajah Mada, Jakarta

 

Dengan hormat,

 

Nama : Muhammad Taufiq

Departemen : Content Writer

Jabatan : Copywriter

No Induk Karyawan : 12345678

Saya yang merupakan salah seorang karyawan PT Maju Jaya, ingin mengajukan surat permohonan pengunduran diri dari pekerjaan dengan alasan ingin menjadi freelancer.

Adapun surat ini dibuat dengan berdasarkan pada ketentuan dan kontrak kerja yang tertulis pada surat kesepakatan bersama antara karyawan dan perusahaan. Surat ini juga dibuat berdasarkan dengan Undang-undang kerja dan sesuai dengan prosedur hubungan industrial PT Maju Jaya tanpa ada tekanan apapun yang tersembunyi di dalamnya.

Demikian surat ini saya buat tanpa paksaan dari orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu.

 

Hormat saya,

 

Muhammad Taufiq


3. Contoh Surat Resign Masa Percobaan

Semarang, 24 Januari 2022

Kepada Yth,

HRD PT Maju Jaya

di Jl. Pandanaran, Semarang

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

 

Nama : Muhammad Taufiq

Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 22 November 1995

Jabatan : Copywriter

Departemen : Content Writer

Bekerja sejak : 2018

 

Bermaksud untuk mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT Maju Jaya, karena adanya masalah pribadi yang tidak bisa dijelaskan. Namun saya berterima kasih karena Selama saya bekerja di PT Maju Jaya ini, saya menerima banyak ilmu dan pengalaman kerja. Sehingga saya ingin menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh rekan kerja yang ada. Sekian surat pengunduran diri saya. Tak lupa saya mohon maaf sebesar-besarnya atas kesalahan yang saya perbuat.

 

Hormat saya,

 

Muhammad Taufiq


4. Contoh Surat Pengunduran Diri Menggunakan Bahasa Inggris

June 29st, 2022

 

Muhammad Taufiq

CEO Maju Jaya Inc.

Jalan Pandanaran, Semarang

 

Dear Sir,

 

It greatly saddens me to send you this letter of resignation. Effective the end of this month, I will no longer be working at Maju JayaInc. as a Content Writer.

I will be resigning due to a number of worsening health complications for some time and feel it would be best to focus on recovery. Unfortunately, it has become clear that I am unable to meet my duties and expectations as a Content Writer. It is therefore in the best interest of all parties that I resign.

I have been very fortunate to be given the fantastic opportunities to grow and make lifelong friends during my time at Maju Jaya Inc. Thank you so much for your guidance and support during the last ten years.

Although I no longer can do the work I once could, I hope to remain a resource and that we will stay in touch. Thank you so much for all the opportunities, and I wish everyone at Lingkar Senja Inc. the very best and your company is always growing.

 

Sincerely,

 

Muhammad Taufik

Itulah beberapa contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar. Semoga membantu.

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Membuat Berkas. Designed by OddThemes