Langkah Langkah Membuat Kartu Tanda Penduduk dan Fungsi Kartu Tanda Penduduk

 

Langkah Langkah Membuat Kartu Tanda Penduduk dan Fungsi Kartu Tanda Penduduk


Langkah Langkah Membuat Kartu Tanda Penduduk dan Fungsi Kartu Tanda Penduduk

KTP merupakan singkatan menyebutkan Kartu Tanda Penduduk. KTP pasti dimiliki oleh setiap warga negara pada ketentuan tertentu terutama untuk identitas diri. kepemilikan KTP diwajibkan oleh aturan hukum yang berlaku di negara Indonesia.

KTP yang merupakan singkatan dari Kartu Tanda Penduduk ini mempunyai fungsi sebagai simbol atau kartu tanda pengenal identitas diri,dari penduduk dari suatu negara. Dimana penduduk dapat mempunyai peluang dalam penggunaan berbagai fasilitas yang disediakan oleh pemerintah. Oleh karena itu Kartu Tanda Penduduk perlu sebagai alat menunjukkan identitas.

Beragam layanan dan fasilitas dari pemerintah dapat diterima dengan salah satu syarat menunjukan kartu tanda penduduk ini. Bagi pemerintah sendiri KTP sangat membantu secara rinci jumlah penduduk secara keseluruhan.

Suatu penduduk wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk, terlebih Kartu Tanda Penduduk sangat penting sebagai pembuktian identitas bahwa ia adalah seorang warga negara dari negara tersebut. Dengan memiliki KTP juga masyarakat dianggap memiliki tujuan pada suatu tempat.

Untuk mengurus Kartu Tanda Penduduk beberapa syarat dan ketentuan di tetapkan oleh pemerintah, seperti :

  • KTP diberlakukan dalam skala nasional yang bertujuan sebagai pengenal yang mengandung keterangan domisili yang sah.
  • Setiap penduduk yang telah mencapai usia 17 tahun wajib mengurus pembuatan KTP.
  • Setiap penduduk yang sudah menikah akan tetapi berusia dibawah 17 tahun tetap dibolehkan dan berhak akan kepemilikan KTP.
  • Masa berlaku KTP adalah seumur hidup.
  • Setiap warga negara hanya diperbolehkan mempunyai satu KTP.
  • WNA atau Warga Negara Asing yang mempunyai ITAP atau Izin Tetap Tinggal dengan ketentuan.
  • Anak dari warga negara asing yang sudah menginjak usia 17 tahun.

Apabila syarat yang tetapkan tersebut sudah terpenuhi, maka selanjutnya adalah membuat pengurusan KTP yang dapat anda lakukan di Dinas Dukcapil tingkat kelurahan, kecamatan, atau tingkat kota dan kabupaten, sesuai ketentuan di wilayah masing-masing.

Beberapa syarat dalam pembuatan KTP yang harus anda persiapkan :

  • Surat pengantar RT/ RW
  • Fotokopi KK
  • Fotocopy Akta Kelahiran

Dalam proses pembuatan KTP juga terdapat beberapa tahapan yang perlu anda ketahui seperti :

  • Pastikan kelurahan atau desa telah mendukung layanan e-KTP.
  • Datang dengan membawa fotokopi Kartu Keluarga dan surat pengantar dari RT/RW.
  • Mengambil nomor antrean atau menunggu dipanggil petugas.
  • Petugas akan memasukkan data dan foto secara digital.
  • Membubuhkan tanda tangan di alat yang disediakan.
  • Melakukan pemindaian retina mata di alat yang disediakan.
  • Petugas menandatangani surat panggilan KTP.
  • Menunggu percetakan selesai, sekitar dua minggu.

Kartu Tanda Penduduk sangat penting dan sangat banyak dibutuhkan dan kehidupan bernegara. Beberapa fasilitas akan memerlukan Kartu Identitas anda agar anda mampu mendapatkan fasilitas tersebut. Anda harus mengetahui beberapa fungsi dari Kartu penduduk. Beberapa fungsi dari KTP adalah

Fungsi dari Kartu Tanda Penduduk 

1. KTP di gunakan untuk identitas diri

Dalam pengurusan KTP , anda akan diminta untuk mengisi data berupa NIK atau Nomor Induk Kependudukan, Nama Lengkap, tempat dan tanggal Lahir, jenis Kelamin, agama, Status Perkawinan, Golongan Darah, Alamat, Pekerjaan, Kewarganegaraan, Foto Calon Pemilik KTP, Masa Berlaku, Tanggal dan tempat dikeluarkan KTP, Tanda tangan pemegang KTP sehingga data tersebut dapat digunakan untuk kartu identitas.

2. KTP menjadi persyaratan dalam banyak hal

Dikarenakan KTP dapat menggambarkan identitas, maka dari itu di berbagai banyak hal terutama dalam kepengurusan adminisrasi, akan meminta anda untuk menunjukkan atau ikut melampirkan Kartu Tanda Penduduk. KTP juga sangat diperlukan untuk registrasi ke beberapa tempat resmi yang membutuhkan identias asli setempat. Apabila anda tidak memiliki KTP, maka anda tidak akan mendapat akses tersebut.

3. KTP  Sebagai Jaminan yang Terpercaya

Ketika meminjamkan sejumlah uang dilembaga tertentu, maka kartu Tanda Penduduk digunakan dijadikan sebagai salah satu jaminan sebelum anda mengembalikan sejumlah uang tersebut. KTP ini merupakan salah satu syarat yang diutamakan dalam proses peminjaman uang. Hal ini tentu dikarenakan KTP merupakan kartu yang sangat penting dalam segala urusan sehingga penggunaannya sebagai jaminan merupakan hal yang dapat dipercaya oleh suatu lembaga.

 


Komentar

Postingan Populer