BREAKING NEWS

Selasa, 03 Januari 2023

Cara Membuat Surat Permohonan Pinjaman


Dalam aktivitas bisnis, surat menyurat adalah hal biasa untuk dijadikan sebagai media komunikasi. Oleh sebab itu, banyak ditemukan contoh surat penawaran, contoh surat pembelian dan juga contoh surat permohonan untuk menunjang aktivitas bisnis tersebut.

Artikel kali ini akan membahas mengenai surat permohonan dan contohnya agar dapat dipahami. Pada umumnya, surat permohonan biasa digunakan untuk meminta bantuan atau meminta izin akan sesuatu.

Surat permohonan pun berkembang menjadi menyerupai proposal, khususnya untuk surat permohonan bantuan namun konsep surat di awalnya masi sama sesuai dengan standar surat pada umumnya. selain itu kamu juga membaca kosakata bahasa jaksel dan buah salju Bali.

Untuk lebih jelasnya, seperti apa contoh surat permohonan yang benar? Untuk itu simak dibawah ini.

Fungsi surat Permohonan

Sebaiknya untuk mengetahui fungsi surat permohonan terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahan ketika akan membuat surat permohonan. Terlebih jika membuatnya dari contoh surat permohonan yang telah umum digunakan. Berikut ini fungsi dari surat permohonan tersebut:

Sebagai Deklarasi Permohonan Resmi

Surat permohonan dibuat karena tujuan tertentu yang berarti memiliki fungsi sebagai permohonan resmi. Dengan demikian, dapat diakui keabsahannya.

Disamping itu, pihak penerima akan mudah untuk mempercayai atas permohonan yang diajukan oleh pemohon. Untuk kemudian ditindaklanjuti. Hal tersebut memberikan keuntungan pada permohonan bisa diproses lebih cepat.

Sebagai Bentuk Permohonan Tertulis

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, permohonan akan diungkapkan terlebih dahulu dalam bentuk lisan untuk mengetahui tanggapan atas pihak yang akan diminati permohonan.

Setelah adanya kesepakatan antara kedua belah pihak, dibuatlah surat permohonan secara tertulis. Dengan demikian surat tersebut berfungsi sebagai tindak lanjut permohonan yang diajukan dalam bentuk tertulis.

Sebagai Bentuk Otentik Pihak Penerima Surat

Semua surat yang diterima akan diarsipkan. Terlebih jika surat tersebut berupa permohonan dana. Dalam surat tersebut akan berisi besaran nominal, dan juga tujuan penggunaan dana tersebut.

Dengan demikian, surat permohonan memiliki fungsi sebagai bukti otentik. Termasuk diantaranya, jika mendapati permasalahan di kemudian hari. Surat tersebut dapat dengan mudah untuk ditemukan kembali dan dijadikan bukti otentik.

Sebagai Acuan Terhadap Jumlah yang Diajukan oleh Pemohon

Fungsi yang satu ini berlaku untuk jenis surat permohonan dana. Terlebih jika dana yang diajukan dalam jumlah besar. Sebagaimana standarisasi surat permohonan harus dijelaskan lebih lengkap mengenai maksud dan tujuan dibuatnya surat permohonan tersebut, termasuk menuliskan jumlah nominal yang dibutuhkan dalam  surat tersebut.

Sehingga surat permohonan tersebut memiliki fungsi sebagai acuan terhadap jumlah yang diajukan oleh pemohon.

Salah Satu Prosedur yang Harus Dijalankan Ketika Mengajukan Permohonan

Ketika akan mengajukan permohonan, sebaiknya dibuat secara tertulis dalam bentuk surat. Hal tersebut berfungsi sebagai salah satu prosedur yang harus dijalankan ketika membuat surat permohonan. Dengan menjalankan prosedur yang telah ditetapkan, pihak pemohon lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari pihak penerima permohonan. Kemungkinan besar, permohonan pun akan segera dikabulkan.

Contoh Surat Permohonan Kerjasama

Surat permohonan kerjasama ini biasanya diajukan oleh instansi-instansi untuk membuat sebuah kolaborasi. Ya, kolaborasi tersebut merupakan gebrakan baru seperti produk bundling, paket menarik, dan masih banyak lagi.

Sebagai contoh, kedai Kopi Kula menawarkan kerjasama dengan perusahaan minuman serbuk terkenal Nutrisari untuk membuat produk baru. Permohonan kerja sama tersebut tertuang pada contoh surat permohonan berikut ini:

Surat Permohonan Kerjasama

KULA GROUP ENTERPRISE
Jl. Kopi Luwak No.77 Jakarta
Email: business@kulagroup.id

______________________________________________________________________

Jakarta, 25 April 2020

Nomor : 757/KS/X/2020

Perihal : Permohonan Kerjasama

 

Kepada Yth.

Bapak/Ibu

Kepala Divisi Marketing & Sales Nutrisari Food

di tempat

 

Dengan hormat,

Bersama surat ini, kami dari Kula Group Enterprise yaitu perusahaan yang bergerak di bidang bisnis F&B. Kami memegang hak paten franchise Kedai Kopi Kula dan Kula Pudding & Dessert hendak mengajukan permohonan kerjasama untuk menggunakan produk dari Nutrisari sebagai salah satu menu seasonal kami.

Menu seasonal yang kami hadirkan yaitu Es Kopi Susu Jeruk x Nutrisari yang akan dijual di Kedai Kopi Kula yang ada di berbagai kota di Indonesia. Kemudian, menu seasonal berikutnya adalah Tropical Dessert x Nutrisari yang akan dipasarkan di Kula Pudding & Dessert. Menu Seasonal ini akan kami luncurkan pada bulan Juni hingga Agustus 2020. 

Kerjasama yang kami harapkan adalah terkait dengan penggunaan logo dan merk yang akan kami sandingkan dengan merk kami. Kemudian, kemudahan akses dan supply untuk mendapatkan bahan baku produk dari PT. Nutrisari dengan harga yang telah disepakati. Untuk penjelasan lebih lanjut, sudah kami rangkumkan secara detail pada lampiran proposal ini.

Harapannya, kami dapat bekerja sama dengan perusahaan Bapak/Ibu untuk meningkatkan brand awareness dari kedua perusahaan yang nantinya akan mendongkrak penjualan. Demikian, surat permohonan kerjasama ini kami buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

 

Edward Kim

Kepala Divisi Sales & Marketing

 

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Membuat Berkas. Designed by OddThemes