BREAKING NEWS

Jumat, 09 September 2022

Merapikan Tulisan Berantakan di Word


Beberapa pengguna mungkin tidak tahu banyak tentang cara merapikan tulisan mereka di Microsoft Word. Dokumen berformat yang berantakan dan perlu dirapikan biasanya terjadi dikarenakan dengan "copy and paste" teks dari situs web ke dalam dokumen Microsoft Word.  Hal ini juga dapat terjadi jika format salinan surat mungkin tidak sesuai dengan format aslinya. 

Misalnya lembar Microsoft Word anda sudah diatur dengan format teks ke 1,5 spasi baris, kiri ke kanan, atau format paragraf rata kanan-kiri. Namun, saat tulisan dari situs web itu ditempelkan ke lembar Microsoft Word, teks mungkin sebenarnya memiliki format paragraf dan spasi baris yang berbeda, dan mungkin rata kiri dengan spasi baris "single". 

Jangan khawatir jika Anda mengalami masalah ini. merapikan tulisan yang berantakan di Microsoft Word sebenarnya cukup mudah.  Untuk dapat merapikan tulisan di microsoft word yang berantakan dapat anda lakukan dengan cara berikut.

- Blok semua tulisan yang ingin dirapikan

- Klik kanan dan klik opsi ”Paragraf”.

- Atur pemformatan paragraf di submenu General dari opsi Alignment sesuai dengan keinginan. 

- Anda juga bisa mengatur jarak antar paragraf yang sedikit menjorok di awal kalimat. Caranya klik opsi 'Special' di submenu 'Indentation', pilih 'First line' dan masukkan jumlah spasi yang diinginkan.

- Kemudian gunakan opsi Line Spacing di submenu Spacing untuk mengatur spasi baris ke format yang Anda inginkan

- Jangan lupa klik opsi OK untuk menyelesaikan pengaturan format tulisan.

Cara di atas dilakukan dengan menggunakan Microsoft Word versi 2019. Versi Microsoft Word dan sistem operasi yang berbeda mungkin memiliki lokasi yang berbeda untuk opsi. 


Selain cara di atas, kamu juga bisa menggunakan kombinasi tombol pintasan atau shortcut untuk memperbaiki tulisan yang berantakan di Microsoft Word. Microsoft Word memiliki kemampuan untuk menyalin format satu posting dan menempelkannya ke yang lain. Cara ini lebih cepat dari cara di atas. Namun anda akan memerlukan contoh tulisan dengan format yang sudah disesuaikan. Untuk mulai merapikan tulisan Microsoft Word dengan shortcut, dapat dilakukan sebagai berikut.

- Blok contoh tulisan dengan format yang telah sesuai. 

- Kemudian, klik tombol "Ctrl/Command" + "Shift" + "C" secara bersamaan. 

- Lalu, blok tulisan yang ingin Anda perbaiki dan klik tombol "Ctrl/Command" + "Shift" + "V" secara bersamaan juga.

Tulisan dengan format yang tidak rapi itu secara otomatis diubah agar sesuai dengan format tulisan yang ditetapkan sebelumnya. Itulah cara merapikan tulisan yang berantakan di Microsoft Word, Semoga ini membantu.





Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Membuat Berkas. Designed by OddThemes