BREAKING NEWS

Rabu, 14 September 2022

Cara Memperbaiki File PDF yang Corrupt Atau Rusak


PDF mungkin merupakan format yg paling terkenal buat sebuah dokumen atau arsip. PDF merupakan singkatan dari Portable Document Format, dinamakan demikian lantaran file jenis ini disupport seluruh jenis sistem operasi dan tidak terhambat oleh software maupun hardware. PDF lebih disukai daripada format lain, misalnya format Word, lantaran format lain akan membutuhkan aplikasi khusus untuk dapat membukanya. 

dokumen PDF juga dikenal sulit untuk diedit atau diubah isinya. Lantaran anda juga bisa menambahkan sebuah password dalam arsip PDF anda atau bahkan menambahkan Watermarks.

Penyebab File PDF Mengalami Kerusakan atau Corrupt


Salah satu alasan utama untuk ini adalah gangguan dari perangkat lunak. Melihat file PDF secara online tetapi belum mengunduhnya secara penuh terlebih dahulu juga dapat merusak file PDF. Kerusakan pada file mungkin juga akan terjadi karena browser anda tidak memiliki plugin yang dapat menampilkan file PDF. Kemungkinan penyebab lainnya dapat berasal  dari file PDF yang corrupt/rusak adalah kesalahan koneksi saat proses pengunduhan.

Berikut adalah beberapa kesalahan umum yang terjadi jika suatu file PDF menjadi rusak atau corrupt

- Failed to load PDF document

- PDF File not readable with your software

- Root object is invalid or missing

- File is damaged or corrupt

- There was an error opening this document

- There was an error processing this page

- It contains info not understood by the viewer

- Format error- Not a PDF File or Corrupted

Memperbaiki File PDF yang Rusak atau Corrupt


1. Memperbaiki dengan Cara Manual

Anda dapat mencoba memulihkan teks (hanya teks, bukan gambar). Dengan cara klik kanan pada file PDF, pilih Open With, lalu pilih aplikasi Notepad. Ketika aplikasi Notepad membuka file PDF, akan ditunjukkan banyak kode yang bercampur dengan teks.

Anda harus memisahkan kode ini dari teks. Metode ini bisa memakan waktu lama tergantung pada ukuran dokumen anda dan kemampuan anda untuk menyortir data dan kode.

2. Memperbaiki Secara Online

Saat ini, ada banyak alat online untuk memperbaiki file PDF yang rusak. Website yang paling sering digunaka untuk memperbaiki file PDF adalah Ilovepdf. Anda dapat mengunjungi website ini dengan cara mengetik Ilovepdf pada kotak pencarian google. Selain dari Ilovepdf, anda juga dapat menggunakan pilihan website lain.

Pada setiap website, biasanya prosedurnya juga terlihat sama dan sangat mudah. Cukup unggah file PDF anda yang rusak/rusak dan situs web akan secara otomatis menganalisis dan memperbaikinya. Biasanya, jika sudah siap, tautan unduhan file PDF akan segera di unduh.

3. Memperbaiki dengan Bantuan Software

Anda dapat menggunakan software gratis yaitu Adobe PDF Repair. Perangkat lunak ini dapat digunakan untuk memperbaiki masalah file PDF yang corrupt agar dapat kembali seperti semula.

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Membuat Berkas. Designed by OddThemes